Cara Membuat Website Dengan Cepat Mudah Dan Murah

Cara Membuat WebsiteCara membuat website - Bicara internet pasti dan wajib ( gak pakai sunnah )  membahas tentang website. Menurut wikipedia, Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.


Untuk lebih jelasnya apa itu website, anda bisa membacanya di wikipedia.

Ada banyak kegunaan dan manfaat bila kita memiliki sebuah website, bisa untuk menyampaikan informasi, bisa untuk kumpulan / komunitas, bisa juga untuk berjualan barang dengan membuat toko online. Sebenarnya bila anda ingin membuat sebuah website mau tidak mau harus bergulat dengan bahasa pemrograman website, seperti bahasa javascript, PHP, css dll.

Tapi bila anda tidak mengerti bahasa pemrograman website anda tidak perlu berkecil hati. Anda pun juga bisa membuat website sendiri. Bagaimana caranya ?

Kita bisa memanfaatkan script website, script website itu kalau bahasa sehari - harinya adalah "cetakan". kalau bahasa web developernya / pengembang web saya kurang paham juga. Contoh, bila anda ingin merakit komputer, anda cukup membeli Harddisk, Motherboard, RAM, Casing, VGA dll.
Cara Membuat Website
Anda tidak perlu membuat pabrik processor sendiri, tidak perlu bikin pabrik LCD / monitor sendiri. Anda cukup membeli di toko komputer. Kalau tidak bisa merakit komputer, anda cukup membeli komputer yang sudah jadi dan sudah terinstall Windowsnya. Bila anda tidak bisa membuat website, anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website.

Tapi kadang untuk menyewa jasa pembuatan website biaya jasa pembuatan website memang menggila. Cara terbaik adalah membuat website sendiri. Bagaimana ya cara membuat website sendiri ? Berikut ini beberapa cara membuat website dengan cepat mudah dan murah.

Cara Membuat Website


Persiapan.
Berikut ini beberapa persiapan yang wajib anda miliki untuk membuat website.
  • Domain dan Hosting. Pertama - tama, anda harus 1 buah domain dan hosting. Apa dan untuk apa domain dan hosting itu ? Anda bisa membacanya disini. Untuk memesan domain murah dan web hosting dengan harga murah anda bisa melihatnya disini. Anda wajib memiliki hosting terbaik agar anda tidak kecewa dikemudian hari.

  • Script Website. Ada banyak script yang tersedia di internet. Dari yang gratis sampai ke yang dijual dengan harga yang bervariasi. Berikut ini beberapa script / CMS yang biasa digunakan 
  • Theme. Ada banyak penyedia theme / template website dengan gratis maupun berbayar. Anda bisa mencarinya di Google. Bila anda ingin membuat toko online, anda bisa mendapatkan theme toko online menggunakan Wordpress disini.

Upload Script / CMS Web.

 Ada beberapa cara untuk mengupload script website ke server hosting, bisa dengan manual melalui cpanel atau melalui software filezilla.

Berikut ini video cara upload script web menggunakan filezilla saya ambil dari Youtobe, thanks to Kusuma Putra atas video tutorialnya.


Bisa juga upload website dengan manual melalui cpanel.



Tapi bila anda benar - benar masih gak mudeng cara upload, install dan setting websitenya, bisa juga menggunakan softaculous /  fantastico. Tapi menurut teman - teman, cara ini kurang aman. Tapi bila untuk pembelajaran dasarnya saja anda bisa mencoba cara membuat website dengan softaculous atau juga Fantastico. Dari 3 cara diatas untuk membuat website, saya lebih sering upload script web melalui cpanel.


 Cara Membuat website

Ada banyak CMS yang bisa digunakan untuk membuat sebuah website. Wordpress, joomla, drupal. Tapi untuk tutorial ini saya menjelaskannya dengan menggunakan Wordpress. Karena Wordpress adalah CMS yang paling sering digunakan.

Nah bila anda sudah upload & install Websitenya. Sekarang ke cara install Theme wordpress. Ada beberapa penyedia theme wordpress. Anda bisa mencarinya di Google, bila anda ingin membuat toko online anda bisa memiliki toko online dengan tampilan elegan berkelas dan fitur lengkap dengan  menggunakan theme ini. Silakan anda klik disini, atau anda bisa mendapatkannya di themeforest, templatic dll.Saya carikan tutorial install theme wordpress di youtobe agar anda lebih action lagi. Terima kasih untuk Syamsul Alam untuk video tutorialnya.

Cara install Theme Wordpress



Mudah kan cara install Theme Wordpresss nya ? Yang susah itu bikin themenya. Nah selanjutnya adalah adalah menginstall plugin wordpress.

Cara Install Plugin Wordpress



Silakan anda praktekkan tutorial cara membuat website ini. Mudah kan ? Siapa bilang membuat website / blog itu susah & kudu orang pintar yang bisa membuat website alias install web. Yang susah itu membangun website dari awal bukan yang sudah tinggal install seperti ini. Kalau urusan membangun / mengkoding website dari awal itu urusan web developer.

Oh ya, CMS Wordpress itu aslinya untuk blogging lhow. Tapi banyak orang menggunakan Wordpress untuk membuat website. Website bisnis, website perusahaan, website jasa, website- website lainnya. Yang penting embel - embelnya pake domain www.blablabla.com .


Suka info Cara Membuat Website Dengan Cepat Mudah Dan Murah ? Tolong Bagikan info ini ke teman - teman facebook atau Twitter anda Dengan klik tombol suka fb atau 'Tweet' pada tombol dibawah ini.


thumbnail Title: Cara Membuat Website Dengan Cepat Mudah Dan Murah
Posted by:Unknown
Published :2013-05-06T19:12:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Membuat Website Dengan Cepat Mudah Dan Murah

6 komentar:

  1. Mantap banget panduannya gan
    Makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, kalo ada yg salah mohon dikoreksi.

      Hapus
  2. Postingan tentang cara membuat website dengan cepat... sangat bagus dan menarik untuk dibaca. Saya suka mengunjungi blog ini.

    BalasHapus
  3. Terima kasih mas informasinya..
    btw kalau saya buat website disini http://idwebhost.com bagaimana ya ...?

    BalasHapus
  4. terimakasih banyak sob, sangat membantu..

    BalasHapus